Minggu, 16 Oktober 2016

Morfologi Ikan Mas dan Jenis-jenisnya

Ikan mas memiliki nama latin Cyprus carpio. Merupaka jenis ikan air tawar yang memiliki tubuh panjang dengan sirip di punggungnya. Ikan mas termasuk jenis ikan yang bernilai ekonomi tinggi. Di indonesia, ikan sering dijadikan sebagai makanan utama. Karena kita tahu, ikan adalah salah satu sumber protein alami yang sangat baik bagi otak.
morfologi ikan mas dan jenisnya
ngapak.net


Selain dikonsumsi, ikan ini juga banyak dibudidayakan untuk dijual kemabali atau di ekpor ke luar negeri. Kebutuhan akan ikan mas tiap tahun terus tumbuh. Hal ini tentu merupakan sebuah peluang yang bagus jika kita jeli dan cermat.

Morfologi Ikan Mas dan Jenis-jenisnya


Ikan mas dilengkapi dengan sirip sirip punggung yang ukurannya relatif panjang. Pada bagian belakang sirip, terdapat jari-jari keras dan sirip terakhir berbentuk gerigi.

Ikan mas memiliki gigi kerongkongan yang terdiri dari tiap baris berbentuk gigi geraham. Ikan mas yang disebut juga dengan ikan karpen termasuk jenis ikan pemakan segala. Di habitat aslinya, ikan mas akan memakan jasad-jasad organik di dasar perairan. Saat makan, ikan ini memiliki kebiasan mengaduk-aduk dasar perairan. Karena kebiasaan ini, ikan mas sering disebut dengan bottom feeder.

Telur pada ikan mas bersifat menempel. Dalam proses pemijahan, ikan mas akan mencari tempat yang rindang. Misalanya air yang ada rerumputannya atau yang diatasnya terdapat tumbuhan air.

Cara berkembang biak ikan mas yaitu dengan cara melepaskan sel telur jantan dan betina atua dalam bahasa biologi disebut ovivar.

Ikan mas memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut : 
Pilum : Chordata
Subpilum : Vertebrata
Superclass : Pisces 
Kelas: Osteichthyes
Subclass : Actinopterygii
Ordo : Cypriniformes
Subordo : Cyprinoidea Keluarga: Cypridae
Subfamily : Cyprinidae
Genus : Cyprinus
Spesies : Cyprinus carpio

Jenis-jenis Ikan Mas

 Jenis ikan mas dibagi menjadi dua, yaitu :

Ikan mas konsumsi

Ikan mas konsumsi adalah jenis ikan mas yang dikonsumsi oleh masyarakat. Contoh ikan mas konsumsi antara lain:
  1. Ikan mas punten
  2. Ikan mas sinyonya
  3. Ikan mas taiwan
  4. Ikan mas merah
  5. Ikan mas majalaya
  6. Ikan mas yamato
  7. Ikan mas lokal

Ikan mas hias

 Ikan mas hias adalah jenis ikan mas yang dijadikan hiasan. Seperti hiasan akuarium, kolam dan lain-lain: Contoh jenis ikan mas hias:
  1. Ikan mas kumpay
  2. Ikan mas kancra domas
  3. Ikan mas kaca
  4. Ikan mas fancy
  5. Ikan mas koi
Demikina rtikel tentang morfologi ikan mas dan jenis-jenisnya. Semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar