Kamis, 08 Desember 2016

Vitamin Yang Baik Untuk Kesehatan Mata Anda

Dari bangun tidur hingga tidur lagi, mata bekerja untuk kita. Lebih dari 10 jam per hari kita meminta mata untuk membantu kita menjalani kehidupan. Maka perlu lah kita untuk menjaga kesehatan mata  sebagai bentuk apresiasi terhadap dua bola mata yang selalu ada untuk kita. Berbicara mengenai kesehatan mata, nutrisi adalah hal tepat untuk meresponnya. Tidak hanya tubuh kita yang perlu nutrisi, mata pun perlu nutrisi untuk tetap menjaga kesehatannya.

Nutrisi yang tercukupi akan membantu mata kita berfungsi dengan baik. Lalu, apa saja kah nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata? Vitamin A? Ya, acapkali kita mengasosiasikan vitamin A dengan kesehatan mata. Memang tepat bahwa mata sangat membutuhkan vitamin A, tetapi mata tidak hanya membutuhkan vitamin A saja. Masih banyak nutrisi lain yang juga baik untuk kesehatan mata.
Ketika sekolah, seringlah guru menjelaskan bahwa vitamin A mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Makanan seperti wortel, tomat, dan bayam sering menjadi contoh makanan yang mengandung vitamin A. Sebenarnya, mata tidak hanya membutuhkan vitamin A yang berfungsi melindungi permukaan mata dan menjadi penggerak cara kerja mata. Mata juga butuh vitamin C. Walaupun terkadang vitamin C diasosiasikan terhadap sariawan atau gangguan kesehatan mulut lainnya, vitamin C juga berkontribusi untuk kesehatan mata kita. Vitamin C yang bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, strawberry, nanas dan sebagainya itu juga membantu menjaga kesehatan mata kita dengan peran memperkuat otot dan lensa mata. Perlu dipahami bahwa setiap makanan mengandung tidak hanya satu zat tertentu. Misalnya wortel, selain mengandung vitamin A yang sangat kaya, wortel juga mengandung vitamin C. Maka sangat baik lah wortel untuk dikonsumsi sebagai nutrisi mata kita. Kemudian, vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dapat melindungi mata dari kerusakan seperti dari radikal bebas.bahan yang mengandung vitamin E diantaranya gandum serta kacang-kacangan seperti almond dan kenari. Selain itu, nutrisi seperti zink, omega 3, dan protein-protein juga dapat menjaga kesehatan mata. Zink dan protein bisa didapat dari daging, susu, seafood, dan berbagai sayuran. Omega 3 yang paling kaya terdapat pada telur, baik telur puyuh, telur bebek, maupun telur ayam. Jadi, untuk menjaga kesehatan mata, kita memerlukan beberapa kandungan nutrisi.
Kadar vitamin yang baik untuk kesehatan mata berbeda satu orang dengan yang lainnya. Tidak ada takaran pasti mengenai seberapa kadar yang dibutuhkan. Hal itu karena kebutuhan vitamin tiap orang berbeda. Yang perlu diperhatikan adalah, jika mengalami gangguan pada mata misalnya, maka perbanyaklah konsumsi vitamin atau zat yang berfungsi membantu menjaga kesehatan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar